-->

Ragam Alat dan Bahan Berkarya Seni Lukis

Alat dan Bahan Berkarya Seni Lukis - Alat berkarya seni rupa 2 dimensi meliputi bahan dan alat untuk melukis. Beragam pilihan alat, bahan dan media yang digunakan sesuai jenis dan gaya karya yang diinginkan. Media berkarya seni lukis sangat beragam tergantung dari teknik yang digunakan.
seni rupa murni dua dimensi
Ragam Alat dan Bahan Berkarya seni lukis 


1. Pensil 

Jenis pensil dibedakan berdasarkan tingkat kekerasan atau kehitaman karbonnya, berdasarkan kode huruf B atau H. Pensil kode B menandakan jenis pensil lunak dan hitam, terdiri dari kode B, 2B, 3B, 4B sampai 6B, sangat tepat digunakan untuk media menggambar, sementara pensil kode H menandakan jenis pensil keras. Terdiri dari kode H, 2H, 3H, 4H, sampai 6H, sering digunakan untuk menggambar proyeksi.

2. Pensil Arang(Contee)

Terbuat dari sejenis arang halus dan biasa digunakan untuk menggambar atau melukis potret. Sifatnya, hitam pekat dan agak sulit dihapus.

3. Pastel dan Crayon

Dua jenis media ini secara bentuknya hampir sama sehingga kalian sering kali keliru ketika membelinya tetapi sifat dan bahannya tidak sama. Pastel biasanya terbuat dari bahan kapur dan pengikat cair dan transparan, untuk mengikat pigmen dengan kapur. Pastel sering dihubungkan dengan warna warna yang lembut. Sedangkan Crayon terbuat dari bahan kaolin dengan tepung warna sehingga terlihat lebih mengkilap dan keras. Sehingga krayon lebih banyak mengandung lilin, sehingga warna yang mengkilap dan sedikit berminyak. Krayon menjadi salah satu pilihan kita untuk menggambar karena sifatnya yang padat dan tidak mudah menyerpih, sehingga tidak mengotori tangan dan baju ketika menggambar.

4.Pena/Pulpen

Alat gambar yang digunakan untuk media tinta. Terbuat dari logam dengan ujung yang bermacam-macam bentuk dan ukurannya.

5.Tinta Bak

Dikenal juga dengan sebutan tinta Cina. Warnanya hitam pekat dan tidak luntur jika kena air. Kemasan tinta bak ini ada yang berbentuk cairan dalam botol dan berbentuk balok-balok kecil (dicairkan dahulu sebelum digunakan).

6. Cat

Bahan pewarna ini dibedakan berdasarkan basis pengencernya, yaitu :
~ Cat air adalah cat yang berbasis air, jenisnya ada 2 yaitu water colour yang bersifat transparan dan poster colour yang bersifat plakat.
~ Cat minyak, Cat yang berbasis minyak, jenis cat ini biasa digunakan untuk melukis diatas kanvas. Sifatnya tidak mudah kering dan warnanya tahan lama

7. Kuas

Kuas adalah alat yang digunakan untuk menguas/car ke media lukis. Jenis dan bentuk kuas beragam dari bentuk, ukuran serta merek yang sangat bervariasi. Pemilihan kuas tergantung dari goresan yang bagaimana akan kita inginkan. Jenis kuas yang pipih dan berujung lurus datar dipakai bahan cat minyak, sedangkan kuas dengan bulu berbentuk bulat dan berujung runcing dipakai bahan cat air.

8. Pisau Palet

Terbuat dari Aluminium tipis, fungsinya adalah mencampur cat seperti layaknya kuas juga untuk membuat efek-efek goresan pada media lukis. Bentuknya dan ukurannya tersedia berbagai jenis, ada yang runcing, lebat dan bulat.

9. Palet

Palet adalah media yang digunakan untuk tempat mencampur cat, jenis dan ukuran beragam. Untuk media seperti cat air palet yang dipakai adalah yang ada lengkungan tempat air, sedangkan bentuk palet cat minyak berbentuk datar, ditambahkan lubang untuk pegangan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel