-->

Apa itu Kerajinan dari Limbah Anorganik

Apa Itu Kerajinan dari Limbah Anorganik - Tahukah anda apa yang dimaksud dengan kerajinan limbah anorganik? Yaitu kerajinan yang terbuat dari sampah anorganik. Kerajinan ini dapat dikaitkan dengan pola pikir dan tangan untuk menghasilkan produk yang memenuhi kebutuhan bersifat fungsional, dengan memerhatikan prinsip ekonomis, estetis yang berkaitan dengan kebutuhan sehari hari. Pada pembahasan berikut, merupakan kerajinan limbah anorganik serta cara mengolah dan memodifikasinya.

apa itu limbah anorganik

Apa Sebenarnya Limbah Anorganik Itu ?

Limbah anorganik merupakan sampah yang terdiri dari bahan-bahan yang sulit terurai secara alami sehingga proses penguraian membutuhkan waktu yang sangat lama. Sampah anorganik berasal dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti mineral dan minyak bumi, atau proses industri. Beberapa dari bahan ini tidak terdapat dari alam seperti plastik dan alumunium. Sebagian zat anorganik secara keseluruhan tidak dapat diuraikan oleh alam, sedangkan bagian lainnya hanya dapat diuraikan dalam waktu yang sangat lama.

Jenis-Jenis Limbah Anorganik

Kali ini saya akan membahas tentang jenis-jenis limbah anorganik. Limbah ini di bagi kedalam 2 jenis yaitu limbah anorganik lunak dan limbah anorganik keras.

a. Limbah anorganik lunak 

Limbah anorganik lunak terdiri atas kandugan bahan yang lentur dan mudah di bentuk atau di olah secara sederhana. Pada kenyataannya semua limbah anorganik lunak dapat di manfaatkan kembali sebagai produk kerajinan tangan menggunakan peralatan sederhana serta bernilai jual. Bahan dari limbah anorganik lunak antara lain sebagai berikut.

1. Limbah plastik
Sampah plastik merupakan sampah yang dapat di daur ulang menjadi barang-barang yang berguna bahkan menjadi barang yang bernilai bila di kerjakan oleh orang-orang yang berkreativitas, contoh sampah plastik itu seperti bungkus makanan ringan, bungkus diterjen, botol air mineral, dll.

2. Limbah kemasan minuman atau makanan
Limbah kemasan minuman dan makanan biasanya banyak terdapat dari sisa konsumsi manusia dalam pemenuhan makanannya, bisa dari limbah rumah tangga, restoran, dan sebagainya.

3. Limbah kain perca
Limbah kain perca adalah kain bekas atau kain sisa yang telah digunakan. Kain perca yang masih lebar sayang jika harus dibuang dan jika disimpan akan makan tempat. Jika ada kain perca bekas pilihlah potongan-potongan kain yang berukuran agak lebar. Dengan teknik quilting atau menyambung menurut pola tertentu.

b. Limbah anorganik keras

Pada prinsipnya limbah anorganik keras terdiri dari kandungan bahan yang kuat dan tidak mudah dihancurkan. Selanjutnya tidak semua sampah atau limbah anorganik tidak bisa diolah kembali disebabkan karena keterbatasan alat yang digunakan dan teknologi.

1. Limbah kaleng 
Berdasarkan sumbernya limbah kaleng termasuk limbah yang berbahaya. Limbah ini dikatakan sangat berbahaya karena mengandung zat-zat yang sulit untuk diuraikan. Limbah ini sangat lambat mengalami perubahan secara alami (nondegradable waste).

2. Limbah kaca 
Limbah kaca merupakan sampah atau limbah dari sisa penggunaan dari produk berbahan kaca seperti kaca rumah, kaca lampu, dan sebagainya.
Untuk dapat meningkatkan nilai manfaat dan ekonomi sampah, perlu dilakukan pengolahan alam masyarakat, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan merancang tahapan pengolahan sampah anorganik yaitu sebagai berikut.


  • Penerimaan.
  • Pemilahan.
  • Pencacahan.
  • Pencucian.
  • Pengeringan.
  • Daur ulang.
  • Pengemasan.
  • Penyimpanan 


Sekian artikel saya kali ini semoga bisa bermanfaat bagi anda dan semuanya :D

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel