-->

Kerajinan Bahan Keras: Pengertian Prinsip Beserta Contohnya Lengkap

Di postingan kali ini saya akan membahas tentang pengertian kerajinan bahan keras alami dan buatan beserta contoh dan cara pembuatannya, tidak hanya itu prinsip kerajinan bahan keras, disertai gambar.

Pengertian Kerajinan Dari Bahan Keras

Kerajinan dari bahan keras adalah suatu kerajinan yang menggunakan bahan baku dasar yang bersifat keras, kerajinan ini dibagi dalam dua bentuk macam , yaitu kerajinan bahan keras alami dan kerajinan bahan keras buatan.


Kerajinan bahan keras alami adalah kerajinan yang bahan baku pembuatannya masih berasal dari bahan alami. Contohnya seperti : Kayu , Bambu , Biji-Bijian , Batu , Kerang , Rotan , Tulang , Dan sebagainya.

Kerajinan bahan keras buatan adalah kerajinan yang bahan bakunya sudah melewati proses pengolahan oleh manusia.
Contohnya, seperti: Kaleng , Logam , Besi Semen , Kawat , Dan lain sebagainya.

Teknik Pembuatan Kerajinan Bahan Keras 

Berikut adalah beberapa teknik yang sering digunakan dalam proses pembuatan kerajinan bahan keras


  • Teknik Cetak
  • Teknik Patri.
  • Teknik Grafir.
  • Teknik Menganyam.
  • Teknik Bubut.
  • Teknik Las.
  • Teknik Ukir.
  • Teknik Etsa.

Fungsi Utama Kerajinan Bahan Keras

Fungsi utama kerajinan dari bahan keras memiliki dua macam fungsi, yaitu :

Sebagai Benda Pakai, Karya kerajinan diciptakan dan mengutamakan fungsinya, sedangkan unsur keindahan sebagai sebuah pendukung, Contohnya:


  • Lemari
  • Meja
  • Kursi
  • Tempat tidur
  • Buffet
  • Pintu
  • Dll


Sebagai Benda Hias, Karya kerajinan yang di buat sebagai benda untuk pajangan ataupun hiasan, fungsi ini lebih mengutamakan aspek keindahan daripada aspek kegunaan dan fungsinya, Contohnya:


  • Patung
  • Bingkai
  • Kalung
  • Gelang
  • Anting
  • Dll

Contoh Kerajinan Bahan Keras

Di sekitar kita banyak sekali tersedia bahan yang bisa kita olah menjadi kerajinan tangan yang indah. berikut ini beberapa bahan kerajinan bahan keras yang telah tersedia di sekitar kita.

A. Kerajinan Bahan Keras Alami

Alam banyak sekali memberi manfaat bagi kehidupan manusia seperti bahan untuk membuat suatu kerajinan.

1. Kerajinan dari Kayu

Negara kita memiliki wilayah hutan yang luas dan juga penghasil komodi kayu terbesar, sehingga menjadi keuntungan tersendiri bagi para pengrajin. Banyak sekali karya seni yang dapat dihasilkan dari bahan ini, yang paling banyak yang diminati orang adalah ukiran. Seni ukir setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas masing-masing, biasanya bahan yang digunakan untuk ukiran berasal dari kayu jati, mahoni, waru dll.
Bahan keras kayu
Source: Pinterest

2. Kerajinan Bahan keras dari Bambu

Saat ini banyak sekali kerajinan tangan yang terbuat dari bambu. Kerajinan ini memiliki beraneka ragam jenis dengan tampilan menarik dan artistik. Salah satu bentuk kerajinan tangan dari bambu yang diakui oleh dunia adalah kerajinan ayaman.
Bahan keras
Source: Amazon
Keahlian masyarakat Indonesia dalam membuat kerajinan ayaman sudah tidak diragukan lagi, berbagai motif dan bentuk menarik telah memikat masyarakat dari mancanegara.

3. Kerajinan Keras dari bahan Batu

Banyak sekali kerajinan tangan di Indonesia yang terbuat dari batu. Teknik yang digunakan untuk membuat kerajinan pada batu menggunakan teknik pahat serta teknik ukir. Hasil kerajinan tangan dari batu seperti batu hias, asesoris, serta berbagai hiasan luar ruangan yang memiliki nilai seni yang tinggi.
Bahan keras batu
Source: Atsy

4. Kerajinan Keras bahan rotan

Sifat dari tanaman rotan yang lentur dan kuat menjadikannya tumbuhan ini mudah untuk dibuat berbagai kerajinan tangan. Contoh hasil kerajinan dari bahan rotan seperti meja, kursi, lemari, tempat makan, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Kerajinan tangan
Source: Tokepedia

B. Kerajinan Bahan Keras Buatan

Bahan utama dari kerajinan ini adalah bahan-bahan alam yang telah mengalami pengolahan oleh manusia. Faktor manfaat yang mendasari manusia untuk mengolah bahan ini. Beberapa contoh bahan keras buatan seperti logam, kaca dan lain sebagainya.

1. Kerajinan Tangan Dari Logam

Bahan logam biasanya di dapat dari hasil pertambangan seperti besi, emas, perak dan lain-lain. Untuk membuat kerajinan dari bahan logam biasanya menggunakan teknik cor, ukir, tempa. Yaitu teknik dengan melelehkan kembali logam tadi sehingga menjadi cair lalu dicetak sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Saat ini banyak sekali kerajinan dari bahan logam yang dijadikan perhiasan yang memiliki nilai tinggi seperti gelas, kap lampu, patung, hiasan, kalung dan cincin emas bahkan logam juga dijadikan simbol kejuaraan.
Kerajinan patung besi
Kerajinan bahan keras 


2. Kerajinan Tangan Bahan Keras Dari Kaca, Serat dan Fiberglass

Kaca serat adalah kaca cair yang ditarik menjadi serat tipis. Serat tersebut kemudian dipintal menjadi benang atau bisa juga ditenum menjadi kain. Benang dan kain tersebut bisa juga diresapi dengan resin, sehingga membuat bahan tersebut menjadi kuat dan tahan korosi.

Membuat kerajinan fiberglass membutuhkan beberapa campuran dalam proses pembuatannya. Campuran tersebut terdiri dari dari cairan resin, katalis, met, polish, serta pigmen untuk membuat warna.
Kerajinan dari bahan resin


Dari postingan diatas kita dapat memahami muatan nilai yang terkandung dalam produk kerajinan bahan keras, contoh seperti kerajinan bahan keras dari bambu yang memiliki di nilai keindahan dan memiliki banyak sekali kegunaan, Ayo carilah produk kerajinan bahan keras yang kalian sukai dan gambarkan sesuai imajinasi kalian.

Sumber materi pembahasan: buku prakarya kelas 9 kerajinan bahan keras

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel